Jumat, 25 November 2011

Evaluasi Kurikulum

EVALUASI KURIKULUM
  1. Pengertian
Menurut Morrison, evaluasi adalah perbuatan pertimbangan berdasarkan seperangkat criteria yang disepakati dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam buku The School Curriculum, evaluasi dinyatakan sebagaisuatu proses pengumpulan dan analisis data secara sistematis, yang bertujuan untuk membantu pendidik memahami dan menilai suatu kurikulum. Adapun dalam buku Curriculum Planning and Development, dinyatakan bahwa evaluasi adalah proses untuk menilai kinerja pelaksanaan suatu kurikulum.
Evaluasi kurikulum dimaksudkan sebagai suatu proses mempertimbangkan untuk memberi nilai dan arti terhadap suatu kurikulum tertentu. Kurikulum yang dimaksud disini adalah rencana yang mengatur tentang isi dan tujuan pendidikan serta cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

  1. Prinsip-prinsip evaluasi kurikulum
Prinsip-prinsip adalah sebagai berikut:
  1. Tujuan tertentu
Setiap program evaluasi kurikulum terarah dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan secara jelas dan spesifik. Tujuan-tujuan itu pula yang mengarahkan berbagai kegiatan dalam pelaksanaan evaluasi kurikulum.
  1. Bersifat objektif
Maksudnya adalah berpijak pada keadaan yang sebenarnya, bersumber dari data yang nyata dan akurat, yang diperoleh melalui instrument yang andal.
  1. Bersifat komprehensif
Mencakup semua dimensi atau aspek yang terdapat dalam ruang luingkup kurikulum. Seluruh komponen kurikulum harus mendapat perhatian dan pertimbangan secara seksamasebelum dilakukan pengambilan keputusan.
  1. Kooperatif dan bertanggung jawab dalam perencanaan
Pelaksanaan dan keberhasilan suatu program evaluai kurikulum merupakan tanggung jawab bersama pihak-pihak yang terlibat dalam proses pendidikan seperti guru, kepala sekolah, penilik, orang tua, bahkan siswa itu sendiri, disamping merupakan tanggung jawab utama lembaga penitian dan pengembangan.
  1. Efisien
Efisien dalam hal ini khususnya dalam penggunaan waktu, biaya, tenaga, dan peralatan yang menjadi unsur penunjang. Oleh karena itu, harus diupayakan agar hasil evaluasi lebih tinggi atau paling tidak berimbang dengan material yang digunakan.
  1. Berkesinambungan
Hal ini diperlukan mengingat tuntutan dari dalam dan luar sekolah, yang meminta diadakannya perbaikan kurikulum. Untuk itu peran guru dan kepala sekolah sangatlah penting, karena mereka yang paling mengetahui pelaksanaan, permasalahan, dan keberhasilan kurikulum.

  1. Tujuan Kurikulum
Tujuan utama evaluasi kurikulum adalah:
  1. Untuk memperoleh data yang akurat dan komprehensif tentang keberhasilan dan kelemahan-kelemahan dalam komponen kurikulum dan proses pelaksanaan.
  2. Untuk mewndapat informasi apakah kesempatan belajar, program dan kegiatan yang direncanakan mencapai tujuan yang diinginkan.
  3. Informasi yang didapat sebagai masukan untuk pengambilan keputusan dan tindak lanjut guna perbaikan kurikulum.



  1. Apa saja yang harus dievaluasi
Aspek-aspek yang perlu dievaluasi menurut pendapat Arich Lewy sesuai dengan tahap-tahap dalam pengembangan kurikulum, aspek-aspek tersebut adalah:
  1. Tujuan
Tujuan kurikulum berkaitan erat dengan nilai-nilai, aliran-aliran, dan kekuatan-kekuatan dalam masyarakat. Jadi yang perlu dievaluasi adalah apakah tujuan kurikulum telah sesuai dengan nilai-nilai bangsa, politik pemerintah dalam pembanguna bangsa, perkembangan zaman, aspirasi masyarakat, dan juga kebutuhan anak dalam menghadapi hidup di masa yang akan datang.
  1. Perencanaan
Tujuan pendidikan yang telah dirumuskan kemudian diterjemahkan ke dalam kegiatan-kegiatan kurikuler yang lebih terinci, dalam bentuk mata pelajaran, bahan tertentu, proses belajar mengajar juga bagaimana cara menyampaikan kepada para pengajar agar mereka bersedia untuk menggunakannya. Team pengembang kurikulum juga mulai menulis satuan-satuan pelajaran, memikirkan alat-alat pengajaran, serta kegiatan-kegiatan belajar siswa. Yang perlu diperhatikan adalah bahan pelajaran yang direncanakan harus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dan juga harus dipikirkan proses belajar yang paling serasi.
  1. Uji Coba dan Revisi
Evaluasi pada tahap ini adalah menemukkan apakah terdapat kelemahan-kelemahan pada kurikulum yang telah direncanakan. Kurikulum yang direncanakan apakah masih relevan untuk digunakan dalam dunia pendidikan ataukan sudah tidak relevan lagi utuk digunakan, sehingga apabila ditemukan suatu kelemahan atau ketidaksesuaian akan diklakukan revisi pada kurikulum tersebut.


  1. Uji Lapangan
Bila uji coba dilakukan untuk menemukan kelemahan-kelemahan program, maka pada ujian lapangan dipelajari kondisi-kondisi dimana kurikulum itu dapat dijalankan agar berhasil baik. Diperhatikan misalnya kesiapan tenaga administrasi, pengajar, murid, keadaan dan lokasi sekolah, besar sekolah, fasilitas, keadaamn social ekonomi. Dan sbagainya.
  1. Pelaksanaan Kurikulum
Dalam pelaksanaan kurikulum baru perlu diusahakan kerjasama dan bantuan dari pihak kepala sekolah, guru, bahkan juga pihak orang tua, atau masyarakat umumnya. Guru-guru cenderung bersifat konservatif dan sulit untuk menerima sesuatu yang baru, apalagi bila mereka telah senag dengan kurikulum yang lama. Dalam tahap pelaksanaan perlu dievaluasi agar dapat diadakan perubahan dan penyesuaian sperlunya menurut keadaan setempat.
  1. Pengawasan Mutu
Kurikulum itu bukanlah benda mati tanpa perubahan, akan tetapi harus turut berubah mengikuti perkembangan zaman. Bagian yang tidak sesuai harus diganti dengan yang baru. Oleh karena itu perbaikan dan pengembangan kurikulum harus dilakukan secara kontinu. Yang jelas adalah kurikulum senantiasa memerlukan follow-up untuk memonitor dan menilai pelaksanaan dan perkembangan kurikulum. Kalaupun suatu kurikulum itu perlu diperbaiki atau diperbaharui, maka keputusan itu seharusnya didasarkan atas penilaian yang cermat dan kontinu.






DAFTAR PUSTAKA

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2008.
Nasution, S, Pengembangan Kurikulum, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1993.

1 komentar:

- free Eric Church – Like A Wrecking Ball ringtone: https://freeringtonedownload.mobi/ringtone/eric-church-like-a-wrecking-ball-ringtone.html for android, ios, best ringtones with 999000+ unique music ringtones
- download Treat You Better – Shawn Mendes ringtone: https://freeringtonedownload.mobi/ringtone/treat-you-better-shawn-mendes-ringtone.html free for your android, ios

Posting Komentar