- PENDAHULUAN
Dalam dunia pendidikan, tidak terlepas dengan supervisi yang selalu
mengacu kepada kegiatan untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Supervisi pendidikan adalah suatu usaha dalam memipin guru-guru dan
petugas-petugas lainnya dalam memperbaiki pengajaran, termasuk
menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan
guru-guru serta merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran
dan metode serta evaluasi pengajaran.
Tugas utama supervisor adalah memantau dan membina
pendidik dalam melaksanakan kegiatan mengajar. Dalam melaksanakan
tugasnya tersebut supervisor membutuhkan teknik-teknik supervisi yang
tepat dan sesuai dengan permasalahan. Berbagai teknik dapat digunakan
supervisor dalam membantu meningkatkan situasi belajar mengajar, baik
secara kelompok maupun individual. Berdasarkan pemikiran tersebut,
maka fokus bagian ini adalah membahas teknik-teknik supervisi yang
bersifat kelompok.1
- RUMUSAN MASALAH
- Apakah Pengertian Teknik Supervisi Kelompok?
- Apa saja teknik-teknik supervisi kelompok?
- PEMBAHASAN
- Pengertian Supervisi kelompok
Teknik supervisi merupakan
cara-cara yang ditempuh dalam mencapai tujuan tertentu, baik yang
berhubungan dengan penyelesaian masalah guru-guru
dalam mengajar, masalah kepala sekolah dalam kelembagaan serta
masalah-masalah lain yang berhubungan serta berorientasi pada
peningkatan mutu pendidikan.2
Berbagai teknik dapat digunakan supervisor dalam
membantu meningkatkan situasi pembelajaran. Salah satunya adalah
teknik supervisi kelompok. Menurut Piet A. Sahertian dalam bukunya
Konsep Dasar & teknik Supervisi
Pendidikan dijelaskan bahwa teknik
supervisi kelompok adalah teknik-teknik yang digunakan dan
dilaksanakan bersama-sama oleh supervisor dengan sejumlah guru dalam
satu kelompok.3
Menurut Made Pidarta dalam buku Supervisi
Pendidikan kontekstual dijelaskan bahwa
teknik supervisi kelompok adalah suatu pembinaan terhadap sejumlah
guru oleh satu atau beberapa supervisor. Dalam supervisi kelompok ini
dihidangkan suatu materi atau sekelompok materi kepada sekelompok
guru yang mengikuti supervisi. Materi tersebut diterima bersama,
dibahas bersama, dan disimpulkan bersama. Semua dilakukan di bawah
asuhan supervisor, jadi dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat
dibina sejumlah guru.4
Jadi teknik supervisi kelompok adalah suatu
pembinaan terhadap sejumlah guru oleh satu atau beberapa supervisor,
yang dilaksanakan bersama-sama oleh supervisor dengan sejumlah guru
dalam satu kelompok.
- Teknik-teknik Supervisi
Teknik supervisi kelompok dibagi menjadi beberapa
jenis diantaranya adalah, rapat guru, supervisi sebaya, diskusi,
demonstrasi, pertemuan ilmiah, dan kunjungan ke sekolah lain.
- Teknik supervisi rapat guru
Rapat Guru adalah teknik supervisi kelompok melalui
suatu pertemuan guru yang dilakukan untuk membicarakan proses
pembelajaan, dan upaya atau cara meningkatkan profesi guru.5
Rapat guru yang dipimpin oleh supervisor
akan menghasilkan guru yang baik jika direncanakan dengan baik,
dilaksanakan sesuai rencana, dan ditindaklanjuti sesuai dengan
kesepakatan yang telah dicapai dalam rapat.6
Tiap sekolah bisa mengadakan rapat guru untuk membicarakan segala
sesuatu yang bertalian dengan pendidikan sekolah. Rapat itu diikuti
oleh semua guru yang dipimpin oleh kepala sekolah, misalnya membahas
hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan dan pengembangan
kurikulum, rapat untuk meningkatkan kemampuan lulusan, termasuk
meningkatkan outcome,
dan juga untuk mengatasi masalah-masalah yang ada.7
Tujuan teknik ini adalah untuk menyampaikan
informasi baru yang bertalian dengan pelajaran, kesulitan-kesulitan
yang dialami guru-guru dan cara-cara mengatasi kesulitan itu secara
bersama dengan semua guru di sekolah. Hal ini didasarkan pada
keefektifan teknik, saat supervisor menemukan permasalahan yang sama
dihadapi semua guru, maka sangat tidak efektif bila dilakukan
pembicaraan secara individual.8
Langkah-langkah yang ditempuh oleh supervisi rapat guru ialah:
- Dimulai dengan adanya informasi yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya konsep pembelajaran KTSP.
- Supervisor berpendapat informasi itu perlu disampaikan dan dipecahkan bersama oleh semua guru, atau sebagian guru.
- Supervisor lalu membuat undangan untuk mengadakan rapat guru.
- Pada hari dan waktu yang telah ditentukan rapat dimulai, berarti supervisi sudah berlangsung.
- Kalau ingin informasi itu hanya sebagai pemberitahuan atau petunjuk cara-cara melakukan sesuatu, maka supervisi dimulai dengan penjelasan tentang supervisi itu, kemudian diikuti dengan tanya jawab. Tetapi kalau informasi itu merupakan masalah yang perlu dipecahkan bersama maka setelah supervisor mengutarakan informasi itu lalu diikuti dengan diskusi oleh semua peserta sampai masalah dapat dipecahkan.
- Pada umumnya supervisi yang menyangkut masalah diikuti oleh tindak lanjut, yaitu mengaplikasikan konsep pemecahan masalah tadi.9
- Teknik supervisi sebaya
Teknik supervisi sebaya disebut juga studi
kelompok antar guru yaitu suatu
kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah guru yang memiliki keahlian
dibidang studi tertentu, seperti PAI, MIPA,
Bahasa, IPS dan sebagainya. Topik yang akan
dibahas dalam kegiatan ini telah dirumuskan dan disepakati terlebih
dahulu.10
Pokok bahasan yang telah ditentukan
tersebut diperinci dalam garis-garis besar
atau dalam bentuk pertanyaan pokok yang telah disusun secara
teratur.11
Peserta supervisi sebaya ada kalanya berjumlah
kecil ada kalanya berjumlah besar. Berjumlah kecil kalau supervisi
itu diadakan di sekolah oleh seorang guru senior terhadap guru junior
yang memegang mata pelajaran yang sama. Sedangkan jumlah peserta akan
menjadi besar manakala supervisi itu diadakan di luar sekolah dan
diikuti oleh guru-guru mata pelajaran yang sama dari beberapa
sekolah.
Tujuan supervisi ini adalah untuk memberi
kemudahan bagi guru-guru untuk mendapatkan bantuan pemecahan masalah.
Disamping itu juga untuk bertukar pikiran dan berbicara dengan sesama
guru mata pelajaran, walaupun yang satu pihak senior dan satu pihak
junior.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam teknik
supervisi ini adalah:
- Awalnya sekelompok guru yang mempunyai masalah atau organisasi guru bidang studi akan mengadakan pertemuan berkala.
- Kelompok guru yang masalah menghubungi guru senior untuk mengadakan pertemuan.
- Proses supervisi berlangsung. Terjadi diskusi multi arah.
- Kalau pertemuan sudah mendapatkan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah maka supervisi sudah selesai.12
- Teknik supervisi diskusi
Diskusi adalah pertukaran pikiran atau pendapat melalui suatu
percakapan tentang suatu masalah untuk mencari alternatif
pemecahannya. Diskusi merupakan salah satu teknik supervisi kelompok
yang digunakan supervisor untuk mengembangkan berbagai ketrampilan
pada diri para guru dalam mengatasi berbagai masalah atau kesulitan
dengan cara melakukan tukar pikiran antara satu dengan yang lain.
Melalui teknik ini supervisor dapat membantu para guru untuk
saling mengetahui, memahami, atau mendalami suatu permasalahan,
sehingga secara bersama-sama akan berusaha
mencari alternatif pemecahan masalah tersebut.13
Tujuan pelaksanaan supervisi diskusi adalah untuk memecahkan
masalah-masalah yang dihadapi guru dalam pekerjaannya sehari-hari dan
upaya meningkatkan profesi melaluii diskusi.
Teknik
supervisi ini diikuti oleh sejumlah guru dan satu atau beberapa
supervisor. Namun, diharapkan yang terlibat dalam diskusi adalah para
guru. di dalam setiap diskusi, supervisor diharapkan atau kepala
sekolah dapat memberikan pengarahan, bimbingan, nasihat-nasihat,
ataupun saran-saran yang diperlukan.14
Langkah-langkah
teknik supervisi ini adalah:
2 komentar:
daftar isi kok tidak bisa di buka...tolong bantuannya
Posting Komentar