Jum'at, 16 November 2012
Menurut Hopkins ada enam prinsip dalam penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu:
Menurut Hopkins ada enam prinsip dalam penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu:
a.
PTK tidak
mengganggu kegiatan guru mengajar di kelas. Pekerjaan utama seorang guru adalah
mengajar, sehingga dalam melakukan penelitian tindakan kelas seyogyanya tidak
berpengaruh pada komitmennya sebagai pengajar. Ada tiga kunci utama yang harus
diperhatikan, pertama guru harus menggunakan berbagai pertimbangan serta
tanggung jawab profesionalnya dalam menemukan jalan keluar jika pada awal
penelitian didapatkan hasil yang kurang maksimal. Kedua interaksi siklus
yang terjadi harus mempertimbangkan keterlaksanaan kurikulum secara
keseluruhan. Ketiga, acuan pelaksanaan tiap siklus harus berdasarkan
pada tahap perancangan bukan pada kejenuhan informasi.
b.
Metode
pengumpulan data yang digunakan tidak menuntut waktu yang berlebihan dari guru
sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran. Dengan kata lain, sejauh mungkin
harus menggunakan prosedur pengumpulan data yang dapat ditangani sendiri oleh
guru sementara ia tetap aktif berfungsi sebagai guru yang bertugas secara
penuh.
c.
Metode
yang digunakan harus bersifat andal (reliabel), sehingga guru dapat
mengidentifikasikan serta merumuskan hipotesis dengan penuh keyakinan. Pada
dasarnya, penelitian ini memperbolehkan “kelonggaran-kelonggaran” namun
penerapan asas-asas dasar telaah taat kaidah tetap harus diperhatikan.
d.
Peneliti
adalah guru dan untuk kepentingan guru yang bersangkutan. Jadi masalah
penelitian diusahakan berupa masalah yang merisaukan dan bertitik tolak dari
tanggung jawab profesionalnya, hal ini bertujuan agar guru tersebut memiliki
komitmen terhadap pengembangan profesinya.
e.
Konsisten
dengan prosedur dan etika. Dalam penyelenggaraan penelitian tindakan kelas,
guru harus bersikap konsisten menaruh kepedulian tinggi terhadap prosedur etika
yang berkaitan dengan pekerjaannya. Prakarsa penelitian harus diketahui oleh
pimpinan lembaga, disosialisasikan kepada rekan-rekan serta dilakukan sesuai
dengan kaidah-kaidah ilmiah.
f.
Menggunakan
wawasan yang lebih luas daripada perspektif kelas. Meskipun kelas merupakan
cakupan tanggung jawab seorang guru, namun dalam pelaksanaan penelitian sejauh
mungkin harus menggunakan wawasan yang lebih luas dari tindakan perspektif,
tidak dilihat terbatas dalam konteks kelas atau pelajaran tertentu, melainkan
perspektif misi sekolah secara keseluruhan.
Sumber: Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru
2 komentar:
boleh lah
Makasih, Bermanfaat sekali
Posting Komentar