Jumat, 16 November 2012

TUJUAN DAN MANFAAT PTK


Sabtu, 17 November 2012
  1. TUJUAN PTK
Tujuan PTK antara lain:
  1. Untuk perbaikan dan peningkatan praktek pembelajaran
  2. Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam kelas
  3. Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan
  4. Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable)
Pendapat dari Mc Niff menegaskan bahwa dasar utama bagi dilaksanakannya PTK adalah untuk perbaikan yang harus dimaknai dalam konteks proses belajar khususnya, implementasi program sekolah umumnya, dengan sudut tinjauan yang lebih dititikberatkan pada sisi pengembangan staf. Borg menyebutkan secara eksplisit bahwa tujuan utama PTK ialah pengembangan keterampilan guru yang bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi berbagai permasalahan pembelajaran aktual yang dihadapi di kelasnya.
  1. MANFAAT PTK
Dengan tumbuhnya budaya meneliti yang merupakan dampak dari pelaksanaan tindakan secara berkesinambungan, maka manfaat yang dapat diperoleh yaitu:
  1. Inovasi pembelajaran
Guru diberdayakan untuk mengambil berbagai prakarsa profesional secara mandiri. Sikap mandiri akan memicu lahirnya percaya diri untuk mencoba hal-hal baru yang diduga dapat menuju perbaikan sistem pembelajaran. Sikap ingin selalu mencoba akan memicu peningkatan kinerja dan profesionalisme seorang guru secara berkesinambungan.
  1. Peningkatan profesionalisme guru
Guru yang profesional akan memahami apa yang terjadi di kelas, melakukan perubahan untuk meningkatkan perbaikan pembelajaran, sehingga akan melahirkan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kelasnya.


Sumber : Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru

3 komentar:

Posting Komentar